Trik Rancangan Denah Desain Rumah Minimalis Modern

Merencanakan denah desain rumah minimalis mungkin memerlukan kreativitas yang lebh besar ketimbang membuat denah untuk rumah biasa. Selain karena luasan lahan yang tidak terlalu besar, konsep rumah minimalis lebih mengutamakan pendekatan fungsi agar semua ruang bermanfaat dan berguna untuk seluruh penghuni rumah.

Kreativitas merencanakan denah ini akan makin membutuhkan pemikiran yang lebih panjang jika jumlah anggota keluarga yang akan menempatinya termasuk besar. Sebagai gambaran saja misalnya anda memiliki 3 anak yang sudah beranjak remaja sementara anda memilih desain rumah type 36. Dengan luasan yang tak terlalu besar anda setidaknya mesti menyediakan 3 kamar tidur yang terdiri dari 2 kamar tidur anak dan sebuah kamar tidur utama. Dengan kondisi inipun ada 2 anak yang mesti berbagi kamar.

Kalau anda sering memperhatikan desain rumah tipe 36 pada umumnya, jumlah kamar yang bisa dibangun paling banyak 2 buah. Lantas bagaimana anda mesti menambah ruang atau mengatur agar 3 kamar itu bisa terwujud?


Gambaran Denah Desain Rumah Minimalis Modern

Model desain rumah minimalis memang banyak disukai masyarakt karena sesuai dengan realitas kebutuhan terhadap sebuah rumah tinggal yang nyaman meski dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Terlebih harga tanah sekarang ini makin mencekik leher sehingga makin sulit saja masyarakat mendapatkan rumah hunian dengan luasan tanah yang cukup memadai.


Konsep desain rumah minimalis itu sendiri mengusung pendekatan pada faktor fungsi agar setiap bagian dari rumah berguna dan memberikan manfaat yang optimal untuk penghuninya. Begitu juga perencanaan gambar denah desain rumah minimalis juga dilakukan dengan mempertimbangkan faktor fungsionalitasnya bagi penghuninya. Lihat juga desain denah rumah idaman untuk perbandingan.

Salah satu cara untuk menyiasati keterbatasan lahan dalam merencanakan denah rumah adalah dengan mengakomodasi konsep sebuah hunian atau rumah tinggal modern. Di dalam rancangan desain rumah minimalis modern maka proses pembangunan rumah dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota keluarga. Dari sejak perencanaan, seluruh anggota keluarga perlu diajak bicara tentang keinginannya terhadap sebuah rumah idaman yang akan menjadi keinginan dan harapan bersama.

Dengan cara ini, maka perencanaan denah desain rumah minimalis modern bisa dilakukan dengan menggabungkan sejumlah fungsi. Misalnya ruang makan bisa ditingkatkan fungsinya juga untuk ruang keluarga berkumpul. Dengan konsep semacam ini maka komunikasi keluarga bisa dibangun saat makan bersama maupun setelah acara makan selesai. Di ruang makan ini kita bisa meletakkan TV dan perabot yang fleksibel untuk digunakan sebagai furniture makan sekaligus untuk berkumpul bersama keluarga.

Sedangkan untuk ruang tamu juga bisa dioptimalkan sebagai ruang belajar anak. Tamu yang tak selalu datang berkunjung bisa dimanfaatkan anak-anak saat tidak digunakan. Tau sebagai alterantif, teras depan juga dapat anda siapkan sebagai ruang tamu non permenan dengan dua kursi untuk sekedar menerima tamu-tamu yang tidak membutuhkan waktu kunjung lama. Dengan contoh denah desain rumah minimalis modern yang simpel namun fungsional ini kebutuhan kita dapat terpenuhi secara optimal.

Postingan populer dari blog ini

Trik Gaya Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Tips Berburu Desain Denah Rumah Idaman